Kisah Inspirasi: Lakukanlah Sesuai Kapasitas

Kisah Inspirasi

Seorang anak memutuskan suatu cara cepat untuk belajar. Ia akan mengurung dirinya selama sebulan di kamar untuk belajar. Setelah itu, ia akan punya waktu banyak untuk bersenang-senang dan bermain.

Sebelum mulai melakukan niatnya, sang anak mendatangi ibunya yang sedang memasak di dapur. Dengan senyum aneh, anak tersebut menyampaikan maksud dan rencana tersebut kepada ibunya.

"Ma, mulai hari ini saya akan belajar di kamar. Sebulan penuh, siang dan malam."

Ibunya hanya diam mendengarkan sambil masih terus memasak.

"Jadi kalau mama ingin menyuruh saya makan, mama tinggal antarkan saja makanan ke kamar saya." lanjut sang anak.

Ibunya masih bergeming, dia tetap sibuk dengan pekerjaannya sambil sesekali memandangi Penanak Nasi listrik yang sedang menguap.

"Tapi setelah satu bulan saya belajar, saya akan berhenti ma. Sisa waktu yang ada akan saya gunakan hanya untuk bermain dan bersenang-senang." ucap sang anak bangga.

Masih tidak menyahuti ucapan anaknya, sang ibu mengambil nasi dari dalam panci dan mengeluarkan seluruh isinya ke dalam 21 buah piring. Lalu sang ibu mengambil lauk yang sedang dia masak dan juga menuangkannya ke dalam 21 piring lain. Melihat tingkah ibunya sang anak hanya terdiam, dalam pikirannya mungkin saja ibunya sedang menyiapkan makan malam untuk teman-teman kantor ayahnya.

"Nak, sebelum itu kamu makanlah dulu semua nasi dan lauk untuk seminggu ini, sehingga mama tak perlu lagi masak selama seminggu kedepan. Jadi, mama cuma perlu masak sekali dan sisanya bisa mama gunakan untuk bersantai." ucap sang ibu lembut.

Sang anak terdiam sambil memandangi nasi dan lauk yang tersaji di atas meja. Ia berpikir kalau nasi dan lauk itu terlalu banyak untuk bisa dia habiskan.

Baca: Kisah Inspirasi: Fokus Pada Tujuan Hidupmu

"Kalau sudah kamu habiskan, kamu boleh masuk ke kamar untuk mulai belajar." lanjut sang ibu sambil meninggalkan anaknya yang masih berdiri terdiam.

Mendengar ucapan ibunya, sang anak pun tersadar dan belajar bahwa kita tidak bisa memaksakan segala sesuatu secara instan, semuanya dalam waktu sekejap. Apalagi untuk sesuatu yang membutuhkan proses.

#KisahInspirasi #KisahInspirasiIslami #LakukanSesuaiKapasitas